Rabu, 24 Maret 2010

Mendiknas Tegaskan Perlunya Pengembangan Karakter Pribadi


Sumber :http://www.mediaindonesia.com/read/2010/03/19/130415/88/14/Mendiknas-Tegaskan-Perlunya-Pengembangan-Karakter-Pribadi

BEKASI--MI: Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh memberikan kiat kepada siswa SMA/SMK se- Bekasi bagaimana caranya untuk mencapai sukses. "Berusahalah bagaimana mengubah dari angka 1/2 menjadi 2," ungkap Mendiknas dalam acara temu wicara siswa SMK/SMA se-Bekasi di SMA negeri 1 Bekasi, Jumat (19/3).

Mungkin nalurinya sebagai pendidik membuatnya tidak hanya berhenti di situ dalam memaparkan analoginya. Mendiknas menjelaskan kepada siswa, bahwa saat dulu ketika dirinya berlajar Matematika dikenalkan perhitungan bilangan berpangkat. "Angkat setengah (1/2) jika dipangkatkan dengan angka yang semakin besar, maka hasilnya makin kecil. Sebaliknya jika angka 2 dipangkatkan, semakin besar pangkat maka semakin besar juga hasilnya," ungkap Nuh.

Itu menandakan, lanjut Nuh, yang perlu ditingkatkan bukan pangkatnya, melainkan basis bilangannya. Menurutnya, hal itu sama dengan filosofi hidup dalam mencapai kesuksesan. "Jadi, anak-anakku yang perlu ditingkatkan bukan pangkatnya, tapi basis bilangan, yakni karakter pribadinya," lanjut Nuh yang mendampingi Wapres Boediono dalam kunjungan itu.

Disinilah pembangunan karakter, supaya sewaktu-waktu jika diberi pangkat, langsung melambung ke atas. "Kayak angka 10 dipangkat 2, hasilnya langsung bagus," kata Mantan Menteri Komunikasi dan Informasi KIB I itu.

Muhammad Nuh juga memberikan analogi ketika menjawab pertanyaan seorang siswa mengenai penataran P4 yang sudah lama tidak diajarkan di sekolah. Menurutnya, P4 subtansinya sudah diadopsi dalam mata pelajaran lain. "Kalau sekarang jamannya ATM, bukan berarti uang logam salah dan tidak berlaku," kata Nuh. Artinya, cara belajar juga harus disesuaikan dengan zaman. (ST/OL-03)

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 

Bersama Membangun Bangsa. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com